Rencanan
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama Sekolah :
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : III / 1
Alokasi Waktu :
A.
STANDAR
KOMPETENSI
1. memahami hidup rukun dalam perbedaan
B.
KOMPETENSI
DASAR
1.1 Mngenal hidup rukun dalam berbedaan
C.
INDIKATOR
1.1 Mengetahui rukun dalam perbedaan
1.2 memberi contoh hidup rukun di rumah
1.3 menjelaskan dan memberi contoh hidup rukun melalui kegiatan di sekolah
1.4 menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah
1.5 Menyebutkan isi Sumpah Pemuda
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
a. Siswa dapat mengetahui hidup rukun dalam perbedaan
b. Siswa dapat mengetahui hidup rukun di rumah
c. Siswa dapat mengetahui hidup rukun melalui kegiatan di sekolah
d. Siswa dapat mengetahui hidup rukun di rumah dan di sekolah
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
D. INDIKATOR
·
Siswa dapat hidup rukun di rumah atau di sekolah
E. MATERI
. .hidup rukun dalam perbedaan
F. PENDEKATAN
& METODE
Pendekatan :
Scientific
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
|
Pendahuluan
|
1.
Mengajak
semua siswa berdo’a (untuk mengawali
kegiatan pembelajaran)
2.
Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa
3.
Mengajak
berdinamika dengan “tepuk Semangat dan Tepuk anak cerdas, Tepuk Persatuan”
4.
Mengajak siswa untuk menyanyi ”
5.
Meminta
informasi dari siswa mengenai hal-hal yang berhubungan dengan materi yang akan
disampaikan.
6.
Memotivasi
siswa untuk mengeluarkan pendapat.
|
||
Inti
|
|||
1.
Guru Memberikan Beberapa gambar/Video;
2. Siswa
mengamati gambar/Video tersebut(observasi)
;
3.
Guru mememberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya setelah mengamati
gambar (Bertanya);
4.
Guru Menyampaikan materi tentang hidup rukun dalam perbedaan
5. Memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
6. Guru memberikan Soal
individu
7. Siswa Berpikir mencari
jawaban soal (Analisis)
|
|||
Penutup
|
1.
Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar
2.
Bertanya
jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil
ketercapaian materi)
3.
Perenungan
4.
Pengayaan
5.
Melakukan
penilaian hasil belajar
6.
Mengajak
semua siswa berdo’a (untuk menutup kegiatan pembelajaran)
|
H.
SUMBER DAN
MEDIA
·
Gambar/Video
·
Buku PKn kelas III
·
Teks Bacaan
I.
PENILAIAN
v Kriteria Penilaian
1. Prosedur Tes
F Tes awal : ada dalam apersepsi
F Tes dalam proses : ada dalaim kegiatan inti
F Tes akhir : ada dalam
kegiatan akhir
2. Jenis Tes
F Tes tertulis
F Produk (hasil diskusi)
3. Bentuk Tes
Pilihan Ganda
4. Alat penilaian
F Lembar Kerja Siswa ( terlampir
)
F Soal uji kompetensi ( terlampir )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar