Rabu, 18 Oktober 2017

DR.DIRGANTARA WICAKSONO.M.PD/RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)


Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) 
Nama Sekolah      : 
Mata Pelajaran    :  Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester    :  III / 1
Alokasi Waktu     :
A.    STANDAR KOMPETENSI
1.     memahami hidup rukun dalam perbedaan
B.    KOMPETENSI DASAR
1.1 Mngenal hidup rukun dalam berbedaan
C.    INDIKATOR
1.1  Mengetahui rukun dalam perbedaan
1.2  memberi contoh hidup rukun di rumah
1.3  menjelaskan dan memberi contoh hidup rukun melalui kegiatan di sekolah
1.4  menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah
1.5  Menyebutkan isi Sumpah Pemuda
D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
a.      Siswa dapat mengetahui hidup rukun dalam perbedaan
b.     Siswa dapat mengetahui hidup rukun di rumah
c.      Siswa dapat mengetahui hidup rukun melalui kegiatan di sekolah
d.     Siswa dapat mengetahui hidup rukun di rumah dan di sekolah

v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
D.    INDIKATOR
·       Siswa dapat hidup rukun di rumah atau di sekolah
E.    MATERI

.     .hidup rukun dalam perbedaan 
F.     PENDEKATAN & METODE
Pendekatan          : Scientific
Metode                : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi
G.   KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
1.     Mengajak semua siswa berdo’a  (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
2.     Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
3.     Mengajak berdinamika dengan “tepuk Semangat dan Tepuk anak cerdas, Tepuk Persatuan
4.     Mengajak siswa untuk menyanyi ”
5.     Meminta informasi dari siswa mengenai hal-hal yang berhubungan dengan materi yang akan disampaikan.
6.     Memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat.

Inti

1.     Guru Memberikan Beberapa gambar/Video;
2. Siswa mengamati gambar/Video tersebut(observasi) ;
3.     Guru mememberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya setelah mengamati gambar (Bertanya);
4.     Guru Menyampaikan materi tentang hidup rukun dalam perbedaan 
5.  Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
6.  Guru memberikan Soal individu
7.  Siswa Berpikir mencari jawaban soal  (Analisis)



Penutup
1.     Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar
2.     Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3.     Perenungan
4.     Pengayaan
5.     Melakukan penilaian hasil belajar
6.     Mengajak semua siswa berdo’a (untuk menutup kegiatan pembelajaran)


H.             SUMBER DAN  MEDIA
·       Gambar/Video
·       Buku PKn kelas III
·       Teks Bacaan
I.        PENILAIAN
v   Kriteria Penilaian      
1.      Prosedur Tes
F Tes awal                :  ada dalam apersepsi
F Tes dalam proses    :  ada dalaim kegiatan inti
F Tes akhir               :  ada dalam kegiatan akhir
2.      Jenis Tes
F Tes tertulis
F Produk (hasil diskusi)
3.      Bentuk Tes
Pilihan Ganda
4.      Alat penilaian
F Lembar Kerja Siswa ( terlampir )
F Soal uji kompetensi ( terlampir )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar